STOP ! Ini 7 Bahaya Bila Bayi Anda Dicium Orang Lain

STOP ! Ini 7 Bahaya Bila Bayi Anda Dicium Orang LainSTOP ! Ini 7 Bahaya Bila Bayi Anda Dicium Orang Lain – Bayi memang sangat menggemaskan, rasanya hampir setiap orang ingin menyentuh bahkan menciumnya. Padahal kebiasaan ini bisa menimbulkan risiko sangat berbahaya pada bayi.

Bila kamu membiarkan bayimu disentuh dan dicium, terutama oleh orang yang tidak kamu ketahui riwayat kesehatannya, berarti sama saja kamu menempatkan si Kecil dalam risiko! Berikut adalah beberapa bahaya yang bisa menimpa buah hati bila dia dicium.

1. Virus Herpes Simpleks (HSV)

Herpes Simplex Virus (HSV) adalah infeksi menular yang mempengaruhi hampir semua orang. HSV ini umumnya menular melalui kontak dengan kulit orang lain yang menderita penyakit tersebut, misalnya setelah dicium oleh kerabat yang sudah terkena herpes.

HSV menyebabkan luka atau lecet seperti melepuh dan kebanyakan menyerang area wajah. Bahayanya, virus herpes juga dapat menyerang otak dan selaput otak sehingga bisa menyebabkan ensefalitis dan meningitis. Terlebih lagi, HSV yang menyerang bayi baru lahir bisa menyebabkan infeksi parah, termasuk pada mata dan kulitnya, paru-paru, hati, serta otak. Infeksi herpes yang serius pada bayi baru lahir ataupun pada otak membutuhkan penanganan medis yang intensif di rumah sakit.

Salah satu kasus yang memilukan hati adalah meninggalnya bayi bernama Mariana akibat terkena herpes (Herpes Simplex Virus). Bayi malang ini hanya mampu bertahan hidup selama 12 hari setelah dirawat intensif.

Virus herpes tersebut ditularkan lewat ciuman yang didaratkan oleh salah satu kerabat atau teman yang mengunjunginya. Mariana mengalami gejala demam dan kejang. Penyakit yang satu ini memang bisa berakibat fatal bagi anak-anak. Jadi, jangan segan untuk melarang siapapun mendekati bayi kamu, ya!

2. Cytomegalovirus (CMV)

Cytomegalovirus, atau yang lebih dikenal dengan CMV, adalah salah satu bentuk virus yang menyerupai virus herpes. Penderita yang terinfeksi Cytomegalovirus menunjukkan gejala menyerupai flu, bahkan kadang tanpa gejala.

Virus ini dapat menyebar lewat air liur. Bila bayi dicium oleh penderita yang terkena CMV, maka kemungkinan besar bayi tersebut akan mengalami CMV juga. Penyakit ini cukup berbahaya, bahkan bisa mengancam nyawa.

3. Kanker

Kita semua tentunya tahu, bahwa makeup terbuat dari bahan kimia yang berdampak kurang baik bagi kesehatan. Sebut saja lipstik yang mengandung paraben, pewarna buatan, hingga formaldehida.

Sayangnya, banyak orag dewasa menyepelekan hal ini. Banyak perempuan yang menciumi bayi saat masih menggunakan lipstik atau makeup lainnya. Kosmetik yang menempel dan tersisa pada kulit bayi bisa memicu kanker. Jadi, jauhkan bayi dari jangkauan orang banyak.

4. Tertular Flu

Tak bisa dipungkiri, flu termasuk penyakit yang mudah sekali menular. Bila bayi bersin-bersin, demam, tenggorokan sakit dan rewel bisa jadi dia terserang flu yang menular melalui ciuman di bibirnya.

5. Mudah Sakit

Saat mencium bayi, secara nggak sengaja akan membuat air liur masuk ke dalam tubuhnya. Padahal, sistem kekebalan tubuh bayi masih amat nggak stabil dan nggak seperti orang dewasa. Akibatnya bayi akan sering sakit dan itu bisa membuat perkembangannya terganggu.

6. Cacar Air

Cacar air disebabkan oleh virus varicella-zoster. Cacar air adalah infeksi yang sangat menular, bahkan 90% dari orang-orang yang sebelumnya tidak menderita cacar air (belum memiliki imunitas terhadap cacar air) akan terinfeksi ketika berkontak dengan virus ini.

Bayangkan Jika bayi Anda dicium oleh orang yang sedang menderita cacar air. Virus cacar air akan dengan mudah menular ke bayi melalui droplet dan airbone ketika orang tersebut batuk atau bersin.

7. Pneumonia atau radang paru

Pneumonia merupakan penyakit radang paru akibat bakteri Pneumoccocal. Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak berusia di bawah 5 tahun yang berada di lingkungan dengan paparan bakteri ini.

Perlu diketahui, kesehatan seorang tidak dapat dilihat hanya dari penampilan fisiknya saja. Artinya, boleh saja orang tersebut terlihat sehat-sehat saja, padahal di tubuhnya mengandung penyakit menular.

Itulah beberapa bahaya jika bayi Anda dicium orang lain secara sembarangan. Mulai dari sekarang stop bayi Anda dicium orang lain, jika bayi Anda ingin tetap sehat dan bertumbuh dengan baik

Terima kasih dan semoga artikel tersebut bermanfaat dan menambah wawasan Anda. 🙂

Posted by : https://jualobatsakitpinggang.com/

STOP ! Ini 7 Bahaya Bila Bayi Anda Dicium Orang Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *