Penyebab Sakit Pinggang Saat Ruku

Penyebab Sakit Pinggang Saat Ruku – Selamat datang di website jualobatsakitpinggang.com. Dalam kesempatan kali ini, jualobatsakitpinggang.com akan menjelaskan penyebab sakit pinggang saat ruku.

Sebelum membahas penyebab sakit pinggang saat rukuk alangkah baiknya kami akan jelaskan dulu apa itu sakit pinggang ?Penyebab Sakit Pinggang Saat RukuPenyebab Sakit Pinggang Saat Ruku – Sakit pinggang merupakan salah satu kondisi yang banyak dikeluhkan oleh segala umur, baik yang muda ataupun yang sudah tua.

Sebagian besar penderitanya dikarenakan alasan mekanis seperti terlalu lama duduk tanpa diseimbangi dengan olahraga cukup, mengangkat beban yang berat, atau mengalami kecelakaan yang mencederai pinggang dan sekitarnya.

Gejala yang dirasakan penderita sakit pinggang yaitu rasa nyeri seperti ada yang menusuk hingga mati rasa secara mendadak atau setelah melakukan aktivitas tertentu.

Lalu apa penyebab sakit pinggang saat ruku ?

Sakit pinggang saat rukuk adalah rasa sakit pada daerah pinggang keika posisi Anda membungkuk (rukuk dalam sholat). Sakit pinggang saat ruku diakibatkan karena adanya perubahan gerakan, baik pada otot, tulang, persendian, organ dalam sekitarnya dari berdiri kepada posisi menunduk sehingga terjadilah sakit pada pinggang saat rukuk.

Berikit ini adalah beberapa penyebab sakit pinggang saat ruku atau membungkuk yang perlu Anda tahu :

  • Pengikisan cakram tulang belakang. Penurunan kekuatan cakram tulang belakang dalam menahan beban, menunduk, dan aktivitas lainnya.
  • Perubahan struktur tulang. Pada umumnya, kondisi ini terjadi seiring bertambahnya usia sehingga mengakibatkan postur tubuh yang buruk. Jadi lebih dari 80 persen penderita sakit pinggan dialami oleh orang dewasa berusia 30 tahun keatas.
  • Radikulopati. Inflamasi atau penekanan pada saraf tulang belakang yang terjadi saat cakram yang terselip menekan saraf tulang belakang secara berlebih.
  • Stenosis spinal. Penyempitan pada ruas tulang belakang yang menimbulkan tekanan terhadap saraf tulang belakang. Kondisi mengakibatkan penderitanya merasa sakit, lemas, atau mati rasa, khususnya saat membungkuk, berdiri atau berjalan.
  • Spondylolisthesis. Salah satu atau beberapa ruas tulang belakang bergeser dan menekan saraf tulang belakang.

Selain itu, kondisi medis tertentu juga dapat menyebabkan sakit pinggang, diantaranya peradangan sendi, batu ginjal, osteoporosis, fibromyalgia atau juga penyebaran kanker dari organ tubuh lain, seperti tumor, aneurisma aorta, hingga endometriosis.

Untuk mengetahui penyebab sakit pinggang saat ruku secara pasti, sebaiknya Anda konsultasi pada dokter. Dengan begitu, dokter bisa menentukan cara yang tepat untuk mengatasinya.

Berikut ini anjuran lain yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi timbulnya sakit pinggang :

  1. Mengistirahatkan pinggang Anda dan hindari melakukan aktivitas yang berlebihan
  2. Lakukan kompres hangat di bagian pinggang yang nyeri untuk melemaskan otot
  3. Hindari terlalu cepat berdiri dari posisi duduk atau berbaring
  4. Tidurlah dalam posisi menyamping, hindari tidur terlentang
  5. Gunakan bantal penyangga di punggung pada saat duduk atau berbaring
  6. Hindari duduk, berdiri, atau berbaring terlalu lama
  7. Kenakan sepatu datar yang nyaman
  8. Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, berenang dan senam hamil untuk melatih otot tubuh sehingga dapat mengurangi nyeri pinggang
  9. Minum obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen

Demikian informasi yang bisa disampaikan mengenai penyebab sakit pinggang saat ruku. Semoga bermanfaat 🙂

Posted by : Penyebab Sakit Pinggang Saat Ruku


Baca juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Via WA