Penyebab Sakit Kepala Ketika Sujud

Penyebab Sakit Kepala Ketika Sujud – Siapa sih yang tidak pernah merasakan sakit kepala ? Semua orang pasti pernah mengalami sakit kepala. Namun pada sebagian orang ada yang merasakan sakit ketika menunduk atau saat sujud dalam sholat.Penyebab Sakit Kepala Ketika SujudRasa sakit pada kepala saat menunduk sangat mengganggu sekali aktifitas sehari-hari terlebih lagi ketika sujud atau rukuk dalam melaksanakan sholat sehingga dapat mengganggu kekhusyuan dalam ibadah kita.

Penyebab sakit kepala ketika sujud

Sebenarnya sakit kepala ketika sujud bukanlah sebuah penyakit melainkan merupakan sebuah gejala atau tanda dari penyakit yang diderita. Berikut beberapa penyakit dan faktor yang menyebabkan sakit kepala saat menunduk :

1. Sinusitis

Sakit kepala akibat sinusitis akan terasa seperti tekanan dan rasa berat di balik dahi, mata, atau pipi, apalagi saat sedang menunduk rasa sakit pada bagian kepala akan semakin terasa menyakitkan. Hal ini diakibatkan penyebaran infeksi oleh bakteri anaerob ke semua jaringan.

2. Sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang adalah jenis sakit kepala yang rasanya sering digambarkan seperti ada tali yang mengikat kuat pada kepala. Kondisi ini bisa dialami siapa saja pada usia berapa pun, namun lebih sering pada wanita dewasa.

3. Cedera kepala atau leher

Cedera kepala (trauma kepala) adalah kondisi dimana struktur kepala mengalami benturan dari luar dan berpotensi menimbulkan gangguan pada fungsi otak. Beberapa kondisi pada cedera kepala meliputi luka ringan, memar di kulit kepala, bengkak, perdarahan, dislokasi, patah tulang tengkorak dan gegar otak.

4. Infeksi virus atau bakteri didalam otak

Beberapa kuman penyebab infeksi pada otak yang paling umum ditemui adalah Streptococcus pneumoniae, Neisseria meningitidis dan Haemophilus influenza tipe b (Hib). Berikut adalah tiga jenis infeksi otak utama berdasarkan lokasi terjadinya infeksi kuman dan peradangan :

a. Meningitis – Peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada meninges, yaitu tiga lapisan pelindung yang mengelilingi otak, saraf tulang belakang, serta cairan serebrospinal yang ada di sekitar keduanya.

Sakit kepala, perubahan status mental seperti kebingungan hingga penurunan kesadaran, mual muntah, sensitif terhadap cahaya, demam dan leher terasa kaku adalah beberapa gejala yang umum ditemui pada kasus meningitis.

b. Ensefalitis – Peradangan yang terjadi di jaringan otak itu sendiri oleh karena infeksi virus dan meskipun jarang, bakteri dan jamur.

Infeksi virus penyebab ensefalitis sering disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks, varisela atau cacar air, virus Epstein-Barr, dan campak.

c. Abses otak – Infeksi yang terjadi akibat akumulasi dari infeksi-infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme maupun sumber lain. Abses bisa terjadi di area manapun yang masih berada di dalam sistem saraf pusat.

Infeksi otak, seperti meningitis yang disebabkan oleh bakteri, umumnya menyerang bayi dan anak kecil. Kelompok lain yang juga berisiko adalah orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah seperti pengguna obat-obatan kortikosteroid jangka panjang, menjalani kemoterapi, penderita HIV/AIDS, lansia yang berusia lebih dari 60 tahun, dan penyalahguna obat terlarang.

Itulah beberapa penyebab sakit kepala ketika sujud yang perlu Anda ketahui dan waspadai. Untuk mengetahuinya, kami sarankan untuk berkonsultasi pada dokter supaya mendapat penanganan yang tepat dan juga cepat.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai penyebab sakit kepala ketika sujud, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih 🙂

Posted by : Penyebab Sakit Kepala Ketika Sujud

apa penyebab sakit kepala ketika sujud – sakit kepala bagian belakang saat sujud – sakit kepala sebelah kiri ketika sujud – kepala sakit saat ditundukkan – sakit kepala sebelah kanan saat sujud – sakit kepala saat sujud shalat – mata terasa sakit saat sujud – sakit kepala tipe ketegangan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Via WA