Ciri Ciri Mata Katarak Pada Bayi

Ciri Ciri Mata Katarak Pada Bayi – Pada umumnya, katarak hanya terjadi pada usia lanjut (lansia). Nyatanya katarak juga dapat menyerang bayi dan juga anak-anak.

Katarak pada pada bayi disebut juga katarak kongenital. Katarak jenis ini juga dapat menyebabkan kebutaan, sehingga penting untuk mengatasi katarak pada bayi sedini mungkin.Ciri Ciri Mata Katarak Pada BayiPenyebab mata bayi terkena katarak adalah faktor keturunan, metabolisme bayi yang bermasalah, terkena infeksi atau karena reaksi obat yang ibu konsumsi saat mengandung.

Sehingga kepada ibu yang sedang mengandung sebaiknya tidak mengkonsumsi obat sembarangan tanpa berkonsultasi atau bertanya terlebih dahulu pada dokter.

Lalu, apa saja ciri-ciri mata katarak pada bayi baru lahir yang bisa terlihat dengan jelas ? Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang perlu diwaspadai :

  • Lensa mata terdapat warna putih

Ciri ciri pertama yang bunda bisa ketahui adalah terdapatnya bintik putih keabu abuan pada bagian kornea atau bagian mata yang memiliki warna hitam pada bayi.

  • Kurang respon mata terhadap benda bergerak di depannya

Terdapatnya titik putih pada kornea si kecil dapa menghalangi cahaya untuk masuk dan diterima oleh mata dengan baik. Akibatnya bayi yang mengalami katarak ketika ada benda atau sesuatu yang bergerak didepanya maka matanya akan kurang bahkan tidak merespon gerakan tersebut.

  • Gerakan mata yang tidak wajar atau nistagmus

Ciri ciri lain yang mudah dikenali si kecil terkena katarak atau tidak adalah pergerakan mata yang tidak terkendali, berupa gerakan naik-turun, memutar atau ke kiri dan ke kanan.

  • Selalu menabrak objek sekitar

Ketika bayi sudah mulai tumbuh besar dan bisa merangkak, jika penglihatanya normal tentu saja saat ia melihat tembok pasti akan menghindar. Namun sayangnya bagi bayi yang memiliki katarak, bukan hanya melihat objek pun tidak bisa tapi malah akan menabrak barang disekitar karena tidak menyadarinya.

Itulah ciri ciri mata katarak pada bayi yang bunda harus waspadai agar bisa mengatasinya dengan cepat. Jika dalam anggota keluarga Anda yang memiliki katarak, sebaiknya Anda terus memeriksakan kondisi kehamilan Anda ke dokter.

Segera periksa ke dokter mata jika tampak ciri ciri mata katarak pada bayi. Semakin awal katarak pada bayi terdeteksi dan diobati, maka semakin rendah risiko timbulnya gangguan pada penglihatannya.

Posted by : Ciri Ciri Mata Katarak Pada Bayi


#biaya operasi katarak pada bayi #pasca operasi katarak pada bayi #apakah katarak bawaan lahir bisa disembuhkan #gambar mata bayi #pupil mata putih pada bayi #ciri mata anak bayi katarak #kacamata untuk bayi katarak #penyebab kebutaan pada bayi baru lahir #tanda tanda katarak pada anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *