Cara Mengatasi Dada Sakit Saat Bernafas

Cara Mengatasi Dada Saat Bernafas – Dalam kesempatan ini, kami akan membahas mengenai cara mudah mengatasi dada terasa sakit saat bernafas secara alami. Untuk lebih lanjut silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Cara Mengatasi Dada Sakit Saat BernafasDada sakit saat bernafas adalah rasa nyeri seperti ditusuk-tusuk pada dada saat bernafas atau menghirup udara. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan begitu saja karena bisa jadi merupakan gejala dari penyakit yang serius.

Penyebab dada terasa sakit saat bernafas selamanya diakibatkan oleh penyakit jantung. Berikut beberapa penyebab dada terasa sakit saat bernafas yang perlu Anda perhatikan :

1. Cedera di bagian dada

Cedera pada daerah dada yaitu tulang da otot yang bisa menimbulkan rasa sakit dada ketika bernafas. Contoh cedera yang terjadi pada bagian ini adalah tulang dada patah atau otot bagian dada memar akibat benturan.

2. Pneumonia

Pneumoni adalah infeksi pada paru paru yang disebabkan oleh bakteri. Penderitanya menyebabkan kantung-kantung kecil udaranya (alveolus) di dalam paru-paru akan penuh dengan cairan. Oleh karena itu, beberapa gejala akan timbul karena kondisi ini. Salah satunya adalah dada terasa sakit ketika bernapas.

3. Tuberkulosis

Tuberkulosis adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis dan pada umumnya menyerang paru-paru. Orang yang mengalami tuberkulosis mengalami peradangan di paru-paru, sehingga dada terasa sakit ketika bernapas.

4. Emboli paru

Emboli paru adalah gumpalan darah di paru paru yang diakibatkan oleh patah tulang atau robekan otot yang bisa menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah. Kondisi ini juga dapat menimbulkan sakit dada serius saat bernapas.

5. Perikarditis

Jantung dibungkus oleh selaput tipis yang disebut dengan perikardium. Perikardium ini bisa mengalami radang yang disebut dengan perikarditis. Kondisi ini membuat dada sakit saat bernapas.

6. Refluks asam lambung (GERD)

Sakit dada saat bernapas juga bisa terjadi akibat refluks asam lambung (gastroesophageal reflux disease, disingkat GERD). Menurut American College of Gastroenterology, dada nyeri saat bernapas karena GERD ini disebut juga nyeri dada non-jantung.

Itulah beberapa penyebab dada terasa sakit saat bernafas, namun sebenarnya masih banyak lagi kondisi lain yang dapat menyebabkan dada dada terasa sakit saat bernafas.

Jika Anda mengalami hal ini, segera konsultasikan ke dokter. Apalagi jika Anda merasakan gejala-gejala selain sakit dada saat bernapas. Misalnya menggigil, pusing, merasa gelisah atau linglung, detak jantung semakin kencang, sakit dada ketika batuk, kejang, hingga pingsan. Ada baiknya Anda langsung mencari bantuan medis darurat.

Namun sebelumnya, Anda bisa mencoba beberapa tips dari kami untuk membantu meringankan rasa sakit pada dada saat bernafas yang dapat Anda lakukan di rumah :

1. Cuka apel

Cuka apel bisa membantu meredakan rasa nyeri pada dada, namun pengobatan ini baik untuk menangani masalah sakit dada saat bernafas akibat gangguan pada lambung.

2. Kompresan es

Cara selanjutnya untuk membantu meringankan rasa nyeri pada dada yang dapat Anda lakukan dirumah yaitu dengan kompresa es. Hal ini jika rasa sakit pada dada saat bernafas disebabkan oleh cedera pada bagian dada.

3. Makan kacang almond

Seperti yang telah dijelaskan pada penyebab sakit dada di atas, nyeri dada kadang disebabkan oleh asam lambung. Kacang almond digadang bisa meredakan sakit dada akibat masalah lambung yang membuat bagian dada terasa nyeri. Meskipun belum ada penjelasan pasti, tetapi kandungan kacang almond dapat meringankan gejala asam lambung yang naik.

4. Minum minuman hangat

Minum minuman hangat bisa meredakan dan mengurangi gas dan kembung, sehingga rasa nyeri di dada juga bisa berkurang. Dianjurkan untuk meminum teh atau susu hangat untuk meredakan dada yang terasa nyeri.

5. Istirahat yan cukup
6. Hindari stres dengan berolahraga ringan seperti yoga yang membantu melancarkan pernapasan.

Itulah beberapa cara sederhana untuk membantu mengurangi rasa sakit pada dada saat bernafas. Semoga bermanfaat dan bisa membantu 🙂

Posted by : Cara Mengatasi Dada Saat Bernafas


#dada sakit sebelah kanan #obat dada sakit #dada sakit susah bernafas #obat sakit dada sebelah kiri #nyeri dada sebelah kiri hilang timbul #obat sakit dada di apotik #nyeri dada sebelah kiri atas payudara #obat sakit dada sebelah kanan #cara mengatasi dada sakit saat bernafas #nyeri dada #dada terasa sakit dan sesak saat bernafas #dada sakit sulit bernafas #sakit di dada tengah saat bernafas #dada terasa sakit saat bernafas #mengatasi nyeri dada #dada kiri nyeri saat bernafas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Via WA