Cara Mencegah Usus Buntu

Cara Mencegah Usus BuntuCara Mencegah Usus Buntu – Selamat datang dan terima kasih, dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan tips atau cara mudah untuk mencegah penyakit usus buntu.

Penyakit usus buntu adalah dimana adanya peradangan yang terjadi pada usus buntu atau apendiks. Usus buntu merupakan organ berbentuk kantong kecil dan tipis, berukuran sepanjang 5 hingga 10 cm yang terhubung pada usus besar.

Penyakit usus buntu disebabkan infeksi pada rongga usus. Dalam kondisi ini, bakteri berkembang biak dengan cepat sehingga membuat usus buntu meradang, bengkak, hingga bernanah.

Hal pertama yang dirasakan penderita penyakit usus buntu adalah rasa nyeri di perut kanan bagian bawah. Jika dibiarkan, infeksi dapat menjadi kondisi serius yaitu usus buntu pecah, sehingga menimbukan rasa nyeri yang hebat hingga membahayakan nyawa penderitanya.

Nah bagi Anda ingin terhindar dan tidak ingin mengalami penyakit usus buntu, beberikut beberapa cara mudah dan sederhana untuk mencegah penyakit usus buntu :

1. Mengkonsumsi makanan tinggi serat

Pada dasarnya usus buntu terjadi akibat adanya fases yang menumpuk, sehingga munculah kuman atau bakteri yang menyebabkan infeksi pada usus buntu.

Sehingga dengan mengonsumsi beberapa makanan yang tinggi serat dapat mengurangi resiko feses mengeras, sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan. Makanan yang mengandung banyak serat terdapat pada beraneka sayuran, seperti wortel, buncis, kacang polong, kubis, tomat, aneka buah, gandum serta sereal.

2. Memenuhi asupan Vitamin A dan D

Selain serat, konsumsi vitamin A dan D juga diyakini merupakan salah satu cara mencegah radang usus buntu.Vitamin A membantu sel darah putih melawan infeksi, sementara vitamin D melawan bakteri dan infeksi pada tingkatan yang lebih tinggi. Dua vitamin ini wajib ada dalam asupan makanan jika Anda ingin mencegah radang usus buntu.

3. Jangan menunda buang air besar (BAB)

Meskipun terlihat sepele ternyata menahan BAB menjadi penyebab seseorang bisa terkena penyakit usus buntu. Ketika BAB ditahan, akan mengalami penumpukan feses dan penumpukan tersebut adalah hal yang bisa menyebabkan radang usus buntu.

4. Hindari menahan kentut

Kentut buang angin adalah sesuatu yang sehat dan dapat melancarkan saluran pencernaan. Sehingga seseorang yang sering menahan kentut berpotensi besar mengalami penyakit usus besar karena saluran pencernaanya tersumbat.

5. Batasi asupan kafein dan alkohol

Sudah menjadi rahasia umum, kafein dan alkohol merupakan jenis minuman yang banyak madaratnya dibanding manfaatnya. Bukan hanya itu, kedua minuman ini ternyata dapat menyebabkan usus buntu karena akan menyerap cairan yang ada di dalam tubuh sehingga tubuh akan merasakan dehidrasi.

6. Banyak minum air putih

Cara lainya untuk mencegah penyakit usus buntu ialah dengan banyak minum air putih. Fases yang keras bisa dilunakkan dengan cairan yang ada di dalam tubuh, oleh sebab itu orang yang kurang dalam mengkonsumsi cairan dirinya akan rentan untuk terkena sembelit dan juga radang usus buntu.

7. Rutin berolahraga

Olahraga yang teratur bukan hanya dapat membuat tubuh lebih sehat dan bugar, tapi juga dapat membantu mengeluarkan racun dan limbah dalam tubuh.

Itulah berbagai cara untuk mencegah Anda terkena usus buntu. Jika penyakit usus buntu tidak segera diobati, hal ini dapat mengakibatkan pecahnya usus buntu. Segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Posted By : Cara Mencegah Usus Buntu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Via WA